Tehnik Pembuatan Molding Untuk Mobil Custome

0
172
Salah satu bengkel custome terkenal di indonesia (kupu - kupu malam jogja)

Jakarta, bibirnet.com -Di artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa tehnik pembuatan molding untuk pembuatan custome otomotif, baik itu dibidang replika, custome, body kit diantaranya yang berbahan :

  1. Plat
  2. Styrofoam
  3. Tanah Liat
  4. Resin/Fiber Glass

1.Bahan Plat

Keterangan gambar : plat ukuran 2mm
Keterangan gambar : alat ketok tradisional

Untuk teknik ini ada dua proses pengerjaan diantaranya manual dan menggunakan alat atau mesin, perbedaanya untuk manual diproses pengerjaan menggunakan alat bantu seadanya, semisal palu ketok, capit dan alat yang biasa di gunakan untuk perbaikan body di bengkel ketok magic atau body repair. Untuk hasilnya pun sesuai jam terbang tukang itu sendiri, karena proses ini membutuhkan feeling dan jam terbang yang panjang, karena hanya sedikit orang yang menekuni bidang ini.

Keterangan gambar : english wheel

Bebeda lagi dengan proses pengerjaan alat bengkel yang mendukung, seperti penerapan alat modern, diantaranya penggunaan english Wheel, las Argon, mesin press, dan masih banyak lainnya. dan untuk konsep antara manual dan modern memiliki perbedaan yang cukup jauh untuk pembuatan rangka bagian dalam.

Perbedaan ini terletak di pembuatannya untuk yang manual biasanya untuk desaign menggunakan Diecast/Miniatur dan untuk yang modern biasanya menggunakan blue print atau 3D modelling yang nantinya untuk proses pemotongan bahan menggunakan mesin CNC atau 3D printer. dan untuk pembuatan rangka bagian dalam ada yang sytem per panel atau paten (bagian body menyambung).

2.Bahan Styrofoam

Keterangan gambar : proses pembuatan molding berbahan styrofoam

Untuk tehnik ini sebenarnya sudah tidak asing lagi di dunia modifikasi, terutama untuk pembuatan molding, selain dapat mempercepat pekerjaan untuk hasilnya pun lebih rapi, karena dalam proses pembuatannya bisa menggunakan mesin CNC atau manual, untuk proses ini biasanya per panel yang nantinya disusun dan dibentuk sesuai body custome yang kita inginkan. Yang nantinya bisa digunakan untuk mal yang berbahan plat atau menggunakan bahan resin dan styrofoam tersebut dilapisi plester atau bahan lain yang tahan resin agar tidak meleleh.

3. Tanah Liat

Keterangan gamabar : proses pembuatan molding di sebuah perusahaan (roadplay)
Keterangan gambar : diecast/miniatur dari tanah liat

Sama halnya styrofoam proses ini lebih mempercepat proses pembuatan dan detailing untuk pembuatan molding, teknik ini biasanya di gunakan di perusahaan besar atau untuk konsep model, biasanya untuk pembuatan konsep di buatkan miniatur skala 1/24 karena untuk tanah liat bisa lebih mudah dibentuk dan styrofoam juga sebenarnya bisa menjadi pilihan alternatif untuk pembuatan miniatur.

4. Bahan Resin

Keterangan gambar: proses pelapisan resin
Keterangan gambar : panel car bucks

Untuk bahan resin prosesnya sama saja dengan teknik lainnya, tidak ada yang mebedakan untuk prosenya kurang lebih sama dengan pembuatan molding pada umum nya.

mungkin sekian dulu apabila ada kekurangan atau ada tambahan bisa di isi kolom komentar, Terima kasih sudah berkunjung. (DNS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here