Tak Idahkan PSBB, Pemudik Malah Meningkat KM31 Tol Cikampek Padat pada H-3 Lebaran

0
57
Foto: Istimewa

JAKARTA- Kepadatan arus lalu lintas terjadi jelang KM31 Tol Jakarta arah Cikampek pada H-3 lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah atau Kamis (21/5) sejak sekitar pukul 08.00 pagi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan kepadatan terjadi karena penyekatan arus mudik dan pengecekan disiplin Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan petugas di lapangan.

Pengetatan dilakukan di lokasi check point dengan menambah jumlah petugas gabungan. “Polri tidak ada penambahan tapi, ditambah dari instansi terkait Dinas Perhubungan,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com Kamis (21/5).


Selain itu, kata Sambodo kepadatan juga terjadi akibat peningkatan arus mudik. Pihaknya mencatat lonjakan jumlah pemudik yang mencoba meninggalkan Jabodetabek pada 19-20 Mei 2020.

Peningkatan tercermin dari jumlah kendaraan yang diminta memutar balik pada Selasa dan Rabu lalu yang mencapai 626 kendaraan. Kendaraan itu terdiri dari 183 kendaraan umum dan 443 kendaraan pribadi.

“Rinciannya hari Selasa ada 325 kendaraan dan Rabu 301 kendaraan yang diminta putar balik,” terangnya.

Adapun jumlah kendaraan yang diminta memutar balik di tol Cikampek sejak 24 April lalu mencapai 7.907 kendaraan. Berdasarkan jenisnya, 4.956 kendaraan yang diminta putar balik adalah kendaraan pribadi dan 2.951 adalah kendaraan umum.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat total 214.014 kendaraan meninggalkan Jakarta via tol Cikampek melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan.

Angka ini turun 60 persen dari lalu lintas (lalin) di periode Lebaran tahun 2019. Untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah adalah sebesar 39 persen dari arah timur, 36 persen dari barat dan 25 lainnya dari selatan.

Lalin meninggalkan Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Sementara kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari arah Barat berasal dari GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang dan dari arah Selatan berasal dari GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi.

Sebelumnya, pemerintah masih memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sesuai ketentuan yang berlaku. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan belum ada pelonggaran PSBB.

“Saya ingin tegaskan belum ada kebijakan pelonggaran PSBB. Karena jangan muncul di masyarakat bahwa pemerintah sudah mulai melonggarkan PSBB. Belum. Belum ada kebijakan pelonggaran PSBB,” kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/5/2020).

Berita ini dilansir dari: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200521102805-20-505569/pemudik-meningkat-km31-tol-cikampek-padat-pada-h-3-lebaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here