Sejarah Perkembangan Bengkel Custome Replika Di Indonesia

1
152

Jakarta, bibirnet.com – Membahas masalah otomotif memang tidak akan ada habisnya, karena setiap bulan atau tahun nya selalu ada hal yang unik dan menarik dari setiap bengkel yang ada di indonesia. Baik itu modifikasi, custome, atau replika kendaraan roda dua maupun roda empat. Seperti yang sering kita lihat baik di plaform youtube atau facebook watch banyak yang mulai bermunculan dan menunjukan inovasi dan kreatifitasnya di bidang ini, walaupun sedikit aneh atau terlalu extreme justru di situlah yang menjadi nilai lebihnya, terutama untuk mendukung juga supaya industri kreatif ini dapat support juga dari pemerintah.

Walaupun ada beberapa perbedaan pendapat di masyarakat atau di media sosial mengenai bengkel replika ini, mulai dari komentar pedas, nyinyir, dan tidak suka, di bilang “plagiat”, “tidak kreatif”, “bisanya cuma niru”. Mungkin itu hanya sebagian saja, kita tahu juga dan bengkel manapun tidak masalah untuk hal ini. Tapi kalau kita mengulang sejarah, beberapa brand terkenal di dunia saat ini mereka menciptakan inovasi baru karena mereka mengembangkan inovasi yang lama.

Yang menjadi pembeda sekarang lebih di mudahkan, mengenai sumber data, peralatan serba digital, komputerisasi, ini sangat jauh kalau kita bandingkan dengan system manual. Di indonesia sendiri hanya ada beberapa bengkel yang sudah mengadopsi system ini, kendala nya karena kurangnya dukungan, dana terbatas masalah ini sebenarnya harus segera di benahi, mengingat kompetitor yang berada di luar negeri untuk tehnik, prosedur kerja, sudah sangat jauh itu pun hanya sebatas bengkel rumahan.

Di kesempatan ini saya akan membahas mengenai sejarah panjang bengkel replika di indonesia, setelah riset tanya sana – sini selama kurang lebih satu tahun, sampai akhirnya saya bisa menulis artikel ini. Hal yang pertama saya tanyakan kepada setiap owner atau tukang yang bekerja di bengkel tersebut, mengenai perjalanan bengkel itu sendiri, latar belakang, konsep atau apa saja yang di kerjakan bengkel tersebut.

Bugatti Veyron/Auto5 Bandung

Mobil ini menjadi replika pertama di indonesia, karena pada saat itu mobil ini pernah menjadi mobil tercepat mengalahkan mobil sport lainnya, replika ini menggunakan basic mobil mitsubshi gallant v6 2500 cc. memang menjadi pilihan yang tepat, karena mobil ini terkenal bandel dan untuk tenaga nya sudah cukup untuk mengangkat body replika tersebut. bengkel ini bernama auto5 di Jalan Garuda 87, Bandung, Jawa Barat. untuk pengerjaan nya sendiri kurang lebih butuh waktu 1,5 tahun itupun hanya pembentukan body saja, 3 bulan untuk finishing body dan interior.

Dan untuk bahan nya menggunakan plat galvanis 0,9 mm, walaupun untuk project ini untuk dimensi nya masih belum menyerupai karena untuk pengerjaan manual dan untuk patokannya sendiri hanya mengandalkan foto atau miniatur. Project ini di buat untuk pribadi si pemilik, kontes atau hobby.

Chevrolet Camaro/Bandung

Mobil ini terkenal dengan nama “si oneng”, (si kuning) project ini berasal dari bandung juga. untuk project ini bisa di lihat foto dokumentasinya di profil facebook https://www.facebook.com/umbara.beyz, dan untuk basic memakai renault 18 TL 84′ . untuk desainnya sudah menggunakan software, dan tehnik pengerjaan manual styrofoam dan berbahan resin. kemudian miniatur 1:32 dan di buatkan lagi miniatur yang berbahan tanah liat kira kira skala 1:10. Dan project ini di buat untuk kebutuhan kontes atau pribadi tidak di perjual belikan atau produksi kembali pada saat itu.

Keterangan Gambar : replika chevrolet camaro (oneng project/bara umbara)

Lamborghini Galardo/MMZone/Bandung

Keterangan Gambar : buider bengkel mmzone (wates awal)

Bengkel ini bernama mmzone yang berlokasi di Jalan Aksan, Babakan Ciparay, Bandung, Jawa Barat. Bengkel ini di dirikan oleh owner extreme modifikasi dan leader suka iseng repli car selaku pembuat molding atau cetakan, kemudian owner double seven yang menjadi pemasaran. untuk model pertama bengkel ini membuat replika lamborghini galardo, yang di mana pada saat itu untuk pembuatannya menggunakan bahan styrofoam di lapisi kertas semen kemudian di cetak menggunakan bahan resin. untuk model nya sendiri diantaranya replika ferrari enzo, lamborghini reventon, ferrari spyder dan ferrari countach.

karena ada permasalahan internal, kemudian bengkel mmzone berhenti dan lahir dua bengkel yaitu extreme modifikasi yang berada di Situ Sipatahunan, Baleendah, Bandung, dan untuk produksinya sendiri bengkel extreme modifikasi sudah membuat beberapa model lainnya seperti, replika lamborghini aventador lp 700-4, bugatti chiron dan la ferrari. Kemudian bengkel double seven yang berada di Ciganitri, Buah Batu, Bandung. Bengkel ini juga sudah banyak memproduksi seperti replika lamborghini aventador lp-700, nsx accura, lamborghini j dan yang paling terkenal yaitu mobil konsepnya yang masuk majalah otomotif dengan judul “mendahului produk yang asli”

yang penasaran atau ada niatan buat replika, rasanya belum lengkap kalau belum berkunjung ke situs taman ferrari ini. karena bengkel mmzone menjadi bengkel pertama yang memproduksi dan menjual projectnya untuk umum. Dan untuk bengkel mmzone masih ada peninggalan ferrari countach berbahab fiber yang sekarang beralih fungsi menjadi taman ferrari.

Lamborgini SVJ/High Class Auto Custome/Jogja

Bengkel ini berlokasi tepatnya di Jl. Playen – Gading, Nogosari III, Bandung, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan naman high class auto custome. Sebelumnya bengkel ini juga pernah membuat replika lamborghini aventador lp 700-4 dan mengklaim bahwa mobil tersebut buatan bengkelnya, tapi kalau kita selidiki lagi pas scene dimana bagian interior di shoot di sana ada logo double seven, akhirnya setelah di telusuri ternyata owner pemilik bengkel ini pernah kerja di bengkel double seven. dan ketika terakhir juga kabarnya bekerjasama dengan bengkel replicar yang berada di jakarta. Kata ownernya sendiri basic nya memang di custome dan pernah ikut juga kontes pameran dan mendapatkan beberapa penghargaan. untuk modelnya sendiri bengkel ini sedang menggarap nsx acurra dan beberapa mobil custome lainnya.

Lamborghini Aventador SV Roadster/Suka Iseng RepliCAR

Dari namanya mungkin sudah tidak asing lagi, terutama dengan nama bengkelnya itu sendiri “suka iseng replicar”. Apalagi dengan nama wates awal, bengkel ini muncul ke permukaan ketika saat itu bengkel extreme, carlosindo dan high class sedang hangat di perbincangkan, dan banyak yang membandingkan. Bengkel ini bisa menjadi penengah antara ke 3 bengkel tersebut, karena kualitas detailing body dan interior yang hampir menyerupai aslinya. Nama wates awal sebenarnya bukan nama asli, itu hanya nama merk katanya, untuk hobby nya di bidang kaligrafi, dan untuk bengkel suka iseng ini project perdana. Tapi bukan perdana untuk buildernya, seperti yang sudah di jelaskan di atas, nama wates awal ini sudah exsis dari dulu dan mungkin bisa di bilang yang ikut melahirkan dan membangun jalan nya replika di indonesia sampai sekarang.

Mulai dari mmzone lahir, sampai project indomable concept wates awal ini ikut mensukseskan setiap project bengkel tersebut, untuk pengalaman juga tidak bisa di ragukan, beliau ini pernah membuat suatu project di luar negeri dan sukses mendapatkan beberapa penghargaan untuk project tersebut. termasuk kesuksesan kedua bengkel extrem modifikasi dan double seven karena jarang orang tahu wates awal ini adalah desaigner, interior, dan sekarang ikut terjun juga menyempurnakan projectnya di bengkel suka iseng repli car.

Lamborghini Aventador LP700-4/Carlosindo Garage/Bandung

Carlosindo Garage adalah bengkel baru juga angkatan high class dan replicar, bengkel ini terletak di Taman Komplek Rahayu 3, blok c3, no.22 Kopo, Bandung. Dan untuk project bengkel nya ini perdana, walaupun perdana untuk kualitas dan detailing bengkel ini memang di perhatikan, terutama untuk hasil cetakannya sendiri sudah memakai system yang berbeda, dimana hasilnya tidak akan ada lagi proses pendempulan.

Lamborghini Huracan/Ogog Project

Bengkel modifikasi ini berada di Banyumas Ngapak Jawa Tengah .Bengkel ini berdiri sejak 25 tahun yang lalu Bengkel ini dulunya adalah bengkel spesialis body repair,cat,Kenteng body. Dan seiring berkembangnya jaman Bengkel ini mulai merambah dunia modifikasi sejak tahun 2013. Kini bengkel ini kini menerima segala jenis modifikasi dari modifikasi ringan sampai ke extream.

Mungkin sekian dulu, sebenarnya masih banyak bengkel yang belum terexspose atau bengkel tersebut tidak memiliki plaform media sosial. tapi untuk project replika ini sebenarnya hanya ajang mengasah kemampuan saja, walaupun ada beberapa yang menggantungkan pencarian dari bidang ini itu wajar, karena kalau kita melihat nominal sebenarnya lumayan juga, lumayan sabar karena untuk pengerjaan satu unitnya sendiri bisa mencapai tahunan. Dan untuk harganya juga masih terjangkau unutuk kalangan menengah sekalipun, karena semakin banyak kompetitor kedepannya budget juga bakalan turun untuk menjaga agar bengkel tersebut tetap berjalan. Itu hal lumrah yang membedakan mungkin di kualitasnya. Kalau menilai dari seni untuk masalah harga mungkin nominal bukan patokan. (DNS)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here