Peluncuran Ponsel Pintar di Masa Pandemi

0
53

JAKARTA – Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang setidaknya sembilan jenis ponsel baru telah meluncur di Indonesia sepanjang masa pandemi  Covid-19 ini. Mulai dari Infinite Note 7 sampai Samsung Galaxy A31. Harganya pun bervariasi, dari yang Rp 2 jutaan sampai belasan juta rupiah.

Berita terpopuler selanjutnya, pengobatan pasien Covid-19 dengan cara pemberian plasma darah atau konvalesen milik pasien yang sudah sembuh diterapkan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Terapi pengobatan ini telah dicoba di beberapa negara seperti Cina, Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris dalam upaya memerangi pandemi penyakit virus corona 2019.

Lainnya, Xiaomi merilis smartphone terbarunya di Indonesia yakni seri Xiaomi Mi 10. Ponsel ini diketahui membawa empat kamera dan chipset terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 865 karena sudah lebih dulu diluncurkan di Cina, pada Februari lalu.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno sepanjang hari ini, Jumat 8 Mei 2020:

1. 9 Ponsel Baru di Indonesia Selama Pandemi Covid-19

Setidaknya sembilan jenis ponsel baru telah meluncur di Indonesia sepanjang masa pandemi  Covid-19 ini. Mulai dari Infinite Note  7 sampai Samsung Galaxy A31. Harganya pun bervariasi, dari yang Rp 2 jutaan sampai belasan juta rupiah.

Sebagian dari ponsel anyar itu adalah penundaan dari agenda peluncuran di  pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2020 yang seharusnya digelar di Barcelona pada akhir Februari lalu. Agenda itu urung digelar karena pandemi.

Sebagian lainnya adalah diluncurkan justru ‘buah’ pandemi. Beberapa vendor menyatakan menghadirkan produk barunya untuk memenuhi kebutuhan hiburan bagi masyarakat di tengah pembatasan sosial berskala besar ataupun karantina wilayah dan pribadi.

2. Covid-19, Pasien Parah di RSPAD Diobati Pakai Donor Plasma Darah

Pengobatan pasien Covid-19 dengan cara pemberian plasma darah atau konvalesen milik pasien yang sudah sembuh sudah diterapkan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Terapi pengobatan ini telah dicoba di beberapa negara seperti Cina, Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris dalam upaya memerangi pandemi penyakit virus corona 2019.

Penerapannya di Indonesia diungkap Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio, kepada ANTARA Jakarta, Rabu 6 Mei 2020. Dia menuturkan, berdasarkan informasi terakhir yang diperolehnya, konvalesen diberikan kepada tiga pasien di rumah sakit itu. Termasuk yang menyumbangkannya adalah pasien asal Depok, Jawa Barat, yang merupakan kasus terkonfirmasi pertama Covid-19 di Indonesia. 

“Plasma konvalesen diambil dari orang dalam kasus-kasus pertama di Indonesia,” katanya. 

3. Xiaomi Mi 10 Rilis di Indonesia Siang Ini, Cek Harganya di Cina

Xiaomi akan merilis smartphone terbarunya di Indonesia yakni seri Xiaomi Mi 10 hari ini, Jumat 8 Mei 2020. Ponsel ini diketahui membawa empat kamera dan chipset terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 865 karena sudah lebih dulu diluncurkan di Cina, pada Februari lalu.

Bedanya dengan di negara asalnya itu,  Xiaomi hadir dalam dua seri sekaligus Xiaomi Mi 10 dan Xiaomi Mi 10 Pro. Fitur utama dari duo smartphone itu adalah sensor kamera 108 MP seperti yang pertama kali terlihat pada Mi Note 10. 

Kedua ponsel ini juga sudah dijual Cina per 18 Februari lalu dalam dua pilihan warna, Blue dan White. Mi 10 Pro dilengkapi tiga konfigurasi RAM/memori: 8 GB/ 256 GB dihargai 4.999 Yuan (Rp 9,9 juta), 12GB/ 256 GB seharga 5.499 Yuan (Rp 10,8 juta), dan 12GB/ 512GB dilabeli 5.999 Yuan (Rp 11,8 juta).

Artikel ini dikutip dari: https://tekno.tempo.co/read/1340264/top-3-tekno-berita-hari-ini-covid-19-plasma-darah-ponsel-baru/full&view=ok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here