Messiah ‘Si Nabi Palsu?’, Film Penuh Kontroversi yang Bikin Penasaran

0
77
Foto by: Netflix

JAKARTA-Menemani masa kamu yang dirumah aja, Netflix menghadirkan film yang bergenre thriller ini banyak dilarang tayang dibeberapa negara, tapi penonton Indonesia memang kerap penasaran dengan kontroversi.

Dalam thriller terdapat potongan-potongan adegan. Adegan tersebut di antaranya kondisi di Syria, kemudian sosok pria berambut panjang yang berseru di antara warga Amerika.

Adegan berganti dengan ditangkapnya pria yang disebut-sebut Al-Masih dan ditanyakan motifnya berada di Syria. Lalu ia menghilang dan muncul kembali di tempat berbeda.

Ia kemudian mengundang perhatian karena berhasil membuktikan ucapanya. Tapi kemudian muncul pihak-pihak yang meragukan ia adalah pembawa pesan Tuhan.

Dalam film serial yang disutradarai oleh Michael Petroni (Backtrack, Till Human Voices Wake Us) ini, cerita berfokus pada sosok yang disebut Al-Masih (Mehdi Dehbi).

Dikisahkan di awal film, serdadu ISIL hendak melakukan penyerbuan. Kemudian di tengah-tengah ribuan pengungsi, muncul seorang pria dewasa berambut panjang menyeru di hadapan mereka.

Ia mengutip ayat dan meminta mereka percaya kepadanya agar tak takut karena Tuhan akan melindungi mereka. Lalu muncullah badai gurun yang melindungi mereka dari serangan.

Sejak itu sekitar dua ribuan pengungsi mengikutinya, meskipun ada juga yang meragukannya. Mereka menyebutnya Al-Masih. Sebagian besar percaya ia Nabi Isa yang kembali diutus Tuhan untuk menyampaikan pesan.

Ia baru membuat dunia terkejut ketika ia membawa para pengungsi ke perbatasan Israel. Ia pun ditangkap dan motifnya dipertanyakan.

Tapi ketika aparat bernama Aviram Dahan (Tomer Sisley) selesai menginterogasinya, ia menghilang. Ia muncul lagi ketika terjadi tornado di Texas dan menolong seorang gadis.

Ia menjadi fenomena dunia apalagi pengikutnya semakin banyak. Ada satu anggota CIA yang sejak awal mencurigainya. Ia adalah Eva Geller (Michelle Monaghan) yang terus membuntuti dan menyelidiki asal-usulnya.

Ketika akhirnya masa lalu ‘Messiah’ terungkap, ia malah kemudian tak yakin dengan apa yang didapatkannya. Tapi benarkah Al-Masih adalah juru selamat ataukah benar dugaan Eva ia adalah nabi palsu?

Pembuat film ini menurutku cerdik membuat sebuah film dengan premis yang memang bisa menyulut kontroversi. Apalagi setting waktunya adalah masa kini dengan menyitir beberapa kelompok teroris seperti ISIL dan Al-Qaedah.

Dari segi cerita, alur ceritanya dinamis. Meski kemudian latar belakangnya coba untuk digali, penonton tetap sulit untuk mendapatkan konklusi, apakah ia memang seorang Nabi atau bukan?

Beberapa kutipan yang kusukai adalah kutipan yang disitir oleh Eva tentang sebuah buku. Menurut buku tersebut, perselisihan di era modern kerap muncul karena masalah perbedaan kultural dan agama.

Perlu keterbukaan dan toleransi untuk menyikapinya. Juga disebutkan bahwa tantangan besar sekarang adalah hal-hal baru yang menimbulkan gejolak di masyarakat. Disrupsi sosial. Apakah itu kebetulan atau memang sebenarnya dirancang?

Dialog antara Al-Masih dan beberapa orang yang ‘beruntung’ bersamanya juga menarik membuat merenung. Sepertinya dialog dan tema film ini juga terinspirasi dari buku “Little Prince” yang suka dibawa-bawa oleh salah satu karakter dalam film ini.

Di beberapa adegan juga ditampilkan kekontrasan. Antara Timur Tengah dan Amerika yang situasinya berbeda.

Kemudian juga ada adegan yang memperlihatkan gurun pasir dan sebuah taman bunga yang lokasinya berdampingan. Seperti sebuah metafora. Oh ya juga ditampilkan adegan-adegan yang  di antaranya seperti kondisi dalam cerita Nabi Isa dalam versi modern.

Para pemeran utamanya juga berperan apik. Mehdi Dehbi kupikir memiliki darah Timur Tengah karena nampak fasih berbahasa Arab, tapi rupanya ia kelahiran Belgia. Ia tak banyak dituntut untuk berekspesi. Tapi ekspresinya yang minim ini malah berhasil memunculkan misteri.

Tomer Sisley juga sukses menampilkan sosok aparat Israel yang perangainya sulit ditebak. Tapi yang paling kusukai di sini adalah Michelle Monaghan yang menjadi anggota CIA. Ia nampak tangguh dan cerdas.

Sebelumnya Michelle tampil apik sebagai istri Ethan dalam “Mission Impossible”. Ia kemudian berperan dalam serial “True Detective” dan menjadi polisi yang tangguh dalam “Sleepless”

Jadi apakah film “Messiah” membahas tentang juru selamat atau nabi palsu? Mendingan tonton saja musim pertamanya dan kemudian tunggu musim berikutnya tayang, karena memang filmnya masih bersambung.

Judul: Messiah
Sutradara: Michael Petroni
Pemeran: Michelle Monaghan,Tomer Sisley, Mehdi Dehbi
Genre: Thriller, misteri
Skor: 7.5/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here