Mendengar Syahdu Seruling Samudera dan Sphinx Buatan Alam di Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

0
98

Wilayah pantai utara yang terletak di Timur Jawa ini memang eksotis. Pacitan menyimpan sejumlah pantai dengan pemandangan apik. Salah satu pantai yang bisa jadi pilihan saat ke daerah Jawa Timur itu adalah Pantai Klayar. Pantai Klayar punya ciri khas dengan air laut biru, pasir pantai bersih hingga seruling samudra

Pantai Klayar, Taman Bumi nan Eksotik Seruling samudra adalah sebuah lubang atau celah lempeng karang yang pada waktu-waktu tertentu meyemburkan air. Semburan tersebut bisa setinggi tujuh meter jika ombak besar menerjang.  Begitu ombak datang, celah tersebut akan menimbulkan suara seperti seruling dan diiringi dengan semburan air. Hal inilah yang akhirnya celah dinamai seruling samudra. Fenomena menarik itu lah yang membuat seruling samudra sebagai salah satu tempat favorit pengunjung di Pantai Klayar. 

Untuk menuju ke seruling samudra, pengunjung perlu menuju ke arah kiri pintu masuk pantai, lalu mendaki bukit kecil. Di sana letak seruling samudra berada.  Tepat di belakang seruling samudra, berdiri formasi batuan karang yang mirip sphinx. Objek itu pun dijuluki Sphinx van Java. Formasi batuan tersebut terbentuk karena proses abrasi pantai.

Pantai Klayar, Pantai Cantik di Tepi Jalur Lintas Selatan Selain melihat keindahan seruling samudra dan batuan sphinx, kamu juga bisa menikmati berkeliling pantai menggunakan ATV. Menyewa  (ATV) pakai driver itu Rp 50.000 untuk dua orang. Kalau bawa sendiri itu biasanya Rp 75.000, untuk 30 menit.

Pemandangannya eksotis pantai Klayar Pacitan ini, pantainya bisa untuk mandi bersama anak saat gelombang tidak tinggi, tentu sambil kita awasi. Pantai yang indah dengan pasir putih yang lembut, bersih dan ada batu karang yang cantik, pantai ini menawarkan suasana khas ombak dan pantai pasir putih serta bentang pantai yang panjang.

Keunikan lain dari Pantai Klayar adalah adanya batu karang besar yang membelah bibir pantai, sehingga jika ombak sedang pasang, sela-sela batu karang akan menciptakan air mancur yang indah. Selain itu, Pantai Klayar memiliki saluran air tawar yang berasal dari sungai sisi pantai dan langsung mengalir ke laut.

Lokasi pantai klayar di Desa Kalak Kecamatan Donorejo Pacitan Jawa Timur. Sekitar 35 km dari sebelah barat kota Pacitan. Untuk masuk kesini rute perjalanan melewati jalan sempit banyak tikungan dan harus hati-hati.

Pantai Klayar memiliki air laut yang biru dan ombak yang sangat besar, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Bibir pantai dihiasi tumbuhan pohon kelapa dan gubug-gubug/lincak-lincak yang beratap daun kering.

Karang-karang di wilayah pasang surut juga masih terawat dan sangat alami. Teman Traveler juga bisa menyusuri karang untuk menemukan kerang Mollusca dan bintang Laut Echinodermata. 

Terdapat limpet dan rumput laut yang tumbuh disekitar bebatuan. Teman Traveler bisa melihat langsung masyarakat setempat memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan (bahan baku untuk pembuatan gula jawa) atau untuk disuguhkan langsung kepada Teman Traveler sambil menikmati keeksotisan alam Pantai Klayar.

Pantai yang sangat memesona ini memiliki warna pasir dengan gradasi yang indah, misteri seruling samudera, air mancur di tengah laut, dan batu karang yang unik menjadikannya sebagai ikon Pantai Klayar. Selain itu, pantai ini juga memiliki Batu Sphinx dan beberapa sumur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here