Manfaat Dan Fungsi 3D Printer Di Industri Kreati

0
122
salah satu jenis printer 3d

Jakarta, bibirnet.com – 3D printer memang sudah sejak lama ada, dan banyak di gunakan di berbagai macam bidang karena dapat memudahkan dan mewujudkan berbagai macam bentuk yang di inginkan, serta apa saja kegunaan dan manfaat apa yang kita dapat dari 3D printer ini, di indonesia sendiri umumnya di gunakan untuk edukasi, hobby, prototyping dan masih banyak lainnya. 3D printer juga banyak yang di jadikan sebagai bahan skripsi dan menjadi mata kuliah di universitas atau kurikulum di sekolah menengah kejuruan.

3D printer ini menjadi sarana bagaimana otomatisasi bekerja, karena dengan memahami 3D printing seseorang akan lebih mudah memahami seperti CNC ataupun robotic. KIta bahas saja apa saja kegunaan dari mesin 3D printing ini.Bidang Textile

  1. Bidang Textile, biasanya di gunakan untuk membuat suku cadang atau part kecil, seperti holder, dudukan kabel dan lain -lain yang susah di cari di pasaran, karena dengan menggunakan 3D printing kita bisa membuat kembali walaupun part itu sudah tidak di jual lagi.
  2. Part Drone/RC, digunakan untuk mebuat part dan membanggun drone atau rc desain sendiri, karena kalau kita lihat untuk partnya berukuran kecil dan sering terjadi terjadi masalah atau tabrakan. penggunakan 3D printing ini sangant membantu dan bahan nya juga ringan.
  3. Cosplay/Action Figure, selain part untuk drone dan rc model, 3D printing bisa di gunakan juga untuk membuat cosplay senjata, action figure bahkan miniatur dan aksesoris lainnya.
  4. Mencetak Hasil USG, 3d printing juga bisa di gunakan untuk mencetak hasil USG, tentunya bisa menjadi kenang – kenangan keluarga ketika sudah beranjak besar, dan masih banyak kegunaan lainnya.

Proses pembuatan nya ini tentunya ada tahap finishing, tapi ada sebagian yang tidak harus karena kualitas 3D printing itu sendiri, sehingga hasilnya sudah cukup halus. Untuk tahap finishing biasanya hanya penghamplasan halus atau pengecatan sesuai yang di inginkan.

Di kalangan industri 3D printer berguna untuk 2 hal :

1. Proof of concept

Sebelum sebuah benda di produksi secara masal, benda yang akan di produksi ini di cetak dulu menggunakan 3D printer, untuk memastikan bentuknya sesuai dan bisa berfungsi dengan baik

2. Master Prototype

Hasil 3D printer ini di proses menggunakan silikon dan nantinya akan di casting menggunakan resin, banyak industri besar yang sudah menggunakan tehnik ini, tetapi kalangan industri rumahan juga bisa di gunakan.

Printer 3D banyak di gunakan untuk ballket arsitekture, karena dapat memudahkan visualisasi secara real. Di negara maju sudah banyak yang memodifikasi tool head dan di gunakan untuk pengaplikasian lainnya bahkan untuk pembuatan bangunan rumah, dengan bantuan 3D printer ini sebuah rumah dapat di kerjakan dengan 1×24 jam. (DNS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here