Kurma Rhutab Drink Perpaduan Kurma dengan Rempah Rempah

0
94
Kurma Rhutab Drink Perpaduan Kurma dengan Rempah Rempah/ Foto Istimewa

JAKARTA – Sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad cukup sederhana dan mudah diterapkan dalam rutinitas sehari-hari selama puasa Ramadhan. Yakni memakan tiga butir kurma dan segelas air putih saja sudah cukup untuk buka puasa.

cara Nabi Muhammad berbuka puasa memang bukan wajib untuk ditiru tapi diharapkan dapat memotivasi kita berbuka puasa dengan cara sederhana tapi tetap sehat.

“Nabi kalau berbuka suka dengan rutob, kurma basah (setengah matang), makanan yang Allah kasih kepada Maryam ketika baru melahirkan,” jelas Ustaz Hanan Attaki.

Namun buah kurma tak hanya bisa kamu makan langsung sebagai sajian takjil saat berbuka puasa. Kamu juga bisa mengolahnya jadi beberapa sajian kreasi menarik yang mudah dibuat, salah satunya adalah minuman berbahan dasar kurma.

Salah satunya adalah Kurma Rhutab Drink yang cocok dijadikan minuman berbuka puasa.”Rhutab itu nama kurma. Sekarang kita bikin jadi minuman dari Timur Tengah, cocok buat bulan puasa. Bisa dingin dan panas diminumnya. Dasarnya rempah dan sari kurma,” ujar Eko, Dalam Live Instagram Demo Masak bersama Holiday Inn & Suites Gadjah Mada yang disiarkan di akun Instagram

Bahan Kurma Rhutab Drink: Bahan
1: 100 ml black tea 15 ml sari kurma rhutab 3 gram cengkeh 3 gram bunga lawang 5 gram kapulaga 1 gram pala 18 gram jahe/jahe merah 3 lembar daun pandan 2 batang sereh Kayu manis sesuai selera Bahan
2: Susu kental manis 8 gram gula putih Gula merah sesuai selera 18 gram jahe/jahe merah Cinnamon powder Kacang almond

Cara membuat Kurma Rhutab Drink
Pertama, didihkan black tea di dalam panci menggunakan api kecil. Lalu masukkan sari kurma rhutab ke dalamnya, aduk rata. Tambahkan sirup vanilla secukupnya sesuai selera.
Kemudian masak larutan tersebut sambil terus diaduk. Setelah sedikit panas, masukkan rempah-rempah. Pertama, masukkan cengkeh dan bunga lawang. Lalu kapulaga dan pala. Aduk terus larutan sambil dididihkan.

Malam Setelah Buka Puasa Rebus rempah sampai aromanya keluar. Menurut Eko, estimasi waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 3-5 menit sampai aroma rempah tercium harum. Sambil menunggu aroma rempah tercium, masukkan jahe yang sudah digeprek.

Kamu juga bisa menggunakan jahe merah jika ingin rasa jahe yang lebih kuat. Lalu masukkan daun pandan yang sudah diikat. Batang sereh yang sudah digeprek, dan kayu manis di akhir.

Lembut dan Enak Kayu manis jadi opsional jika kamu menyukainya. Jika tidak, maka tidak ditambahkan juga tidak masalah. Setelah wangi rempah-rempah tercium, matikan api dan sisihkan larutan.

Tuangkan ke dalam gelas setelah disaring terlebih dulu. Lalu selanjutnya masak bahan kedua. Pertama didihkan air dan campurkan gula jawa, gula putih, jahe, sereh, dan susu kental manis.

Gula jawa masukkan sesuai selera karena hanya untuk menyeimbangkan rasa jahe yang kuat di dalamnya. Masak dengan api kecil. Jika sudah mendidih dan wangi rempah sudah keluar, sajikan ke dalam gelas setelah sebelumnya disaring lebih dahulu.

Campurkan bahan pertama dan kedua tersebut lalu sajikan. Terakhir, tambahkan sedikit kacang almond dan bubuk kayu manis sebagai topping. Takaran ini bisa dibuat menjadi satu gelas Kurma Rhutab Drink.

Kurma Rhutab Drink ini bisa kamu konsumsi langsung atau dimasukkan ke dalam chiller untuk dikonsumsi lain hari. Minuman ini bisa tahan di dalam chiller selama maksimal tiga hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here