Kim Jong Un Pura-pura Mati, Rakyatnya Pura-pura Tak Tahu

0
50
(Foto: Istimewa)

JAKARTA-Setelah beberapa waktu lalu mengemparkan dunia lini pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dikabarkan sengaja memalsukan kematiannya untuk tahu siapa pengkhianat di dekatnya yang ingin mengambil alih kekuasaan jika ia meninggal dunia.

Namun tak hanya itu saja pasalnya dilansir wionews.com, Sky News Australia berkata, Kim Jong Un mungkin sengaja berpura-pura mati agar ia bisa tahu apakah ada pengkhianatan di lingkungannya.

Diketahui bahwa pemimpin Korea Utara Kim yang menghilang dari media pemerintah selama tiga minggu, memicu desas-desus tentang kesehatan dan keberadaannya.

Bahkan tak hanya itu saja banyak juga dengan menghilangnya Kim membuat kekhawatiran tentang prospek negara bersenjata nuklir itu jika terjadi suksesi mendadak.

Namun tak hanya itu saja desas-desus itu kemudian diruntuhkan pada Sabtu 2 Mei 2020, ketika media Korea Utara menerbitkan foto dan video Kim di upacara pemotongan pita untuk peresmian pabrik pupuk.

Pembawa acara Sky Outsiders James Morrow mengatakan kepada pemirsa Australia, Kim Jong mungkin telah menarik “manuver Stalinis klasik” untuk melihat apa tanggapan masyarakat.

Sekarang mungkin saja Kim Jong Un akan menggunakan hasil dari respons kehilangannya untuk mulai “membersihkan” orang-orang yang ia yakini berkomplot untuk mengambil alih.

Namun tak hanya itu saja pasalnya diberitakan sebelumnya, dua orang pembelot Korea Utara minta maaf telah memberikan kabar yang salah mengenai kesehatan Kim Jong Un.

Mantan diplomat senior Korea Utara meminta maaf karena telah berkata, Kim Jong Un mungkin sangat sakit sehingga tidak bisa berdiri, The Guardian melaporkan.

Para pembelot terkenal dari Korea Utara berspekulasi, Kim Jong Un menderita penyakit serius bahkan bisa meninggal dunia.

Rakyatnya Pura-pura Tak Tahu

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang lama absen dari publik telah memicu desas-desus yang menyebar dengan cepat tentang kematiannya di antara warga Korea Utara di wilayah perbatasan Sino, Korea Utara.

Warga Korea Utara “takut” bahkan mendengar desas-desus bahwa Kim telah meninggal sehingga semua orang berpura-pura tidak tahu, tetapi “semua orang tahu” tentang desas desus itu, ujar sumber yang berbasis di Provinsi Hamgyong Utara mengatakan kepada Daily NK pada 29 April.

“Bahkan ada orang yang mengatakan bahwa mereka melihat video yang mengklaim Kim Jong Un telah mati. Tetapi kebanyakan orang mencoba untuk tidak tahu supaya tetap tidak diperhatikan, karena pihak berwenang memburu siapa pun yang membawa video itu melewati perbatasan,” tambah sumber itu.

Sumber itu tampaknya merujuk pada video yang beredar di wilayah perbatasan. Sumber lain yang berbasis di Provinsi Pyongan Utara mengatakan kepada Daily NK bahwa pihak berwenang Korea Utara dilaporkan telah memulai perburuan untuk melacak siapa pun yang menyebarkan video di dalam negeri.

Spekulasi tentang Kim Jong Un di wilayah tersebut tidak hanya mencakup rumor kematiannya, tetapi juga rumor mendekati kematian, seperti desas-desus bahwa Kim berada dalam kondisi kritis setelah operasi.

Di masa sebelumnya, setiap rumor tentang pemimpin Korea Utara atau keluarganya akan memicu tanggapan cepat dari otoritas negara. Namun, kali ini, otoritas Korea Utara tidak membuat langkah seperti itu untuk membungkam rumor, yang sekaligus memprovokasi kecurigaan lebih lanjut tentang kondisi Kim saat ini.Baca Juga: Tak Peduli COVID-19, Remaja 15 Tahun Digilir Dicabuli Lalu Ditinggalkan dan Pulang Sendiri

“Segala macam rumor menyebar. Tetapi meskipun pemerintah menyadari semua ini, belum ada tanggapan terpusat untuk itu, baik dalam bentuk pernyataan atau sikap. Itu sangat aneh,” kata sumber itu.

Biasanya, penyebaran desas-desus semacam itu akan memicu pernyataan yang disiapkan dengan segera, dengan ancaman hukuman berat bagi setiap warga Korea Utara yang berani mendukung desas-desus penyebar.

Di masa lalu, otoritas negara secara aktif berusaha untuk mencegah warga Korea Utara menyebarkan desas-desus dengan ancaman hukuman.

Artikel ini dilansir dari: https://correcto.id/beranda/read/25635/ini-alasan-kim-jong-un-pura-pura-meninggal-agar-tahu-siapa-pengkhianat-di-dekatnya

https://www.pikiran-rakyat.com/internasional/pr-01374749/saking-takutnya-warga-korea-utara-pura-pura-tidak-tahu-tentang-kabar-kematian-kim-jong-un?page=2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here