Kelebihan Mesin Depan Dan Belakang Di Dunia Custome Modifikasi

0
97
Gambar chassis sesudah di pisahkan dari body nya

Memang menjadi pertanyaan mengenai posisis engine ketika membangun sebuah project mobil custome, baik itu untuk kontes atau untuk harian. Kali ini saya akan membahas mengenai problematika yang sering di debatkan ini. Pengalaman ini saya dapatkan dari builder custome yang memang sudah puluhan tahun menekuni bidang ini, mulai dari custome, replika dan project pabrikan. dan semuanya ada kekurangan dan kelebihannya masing – masing.

1. Kelebihan dan kekurangan mesin di depan

Untuk mesin di depan memang memiliki banyak kelebihan, mulai dari kenyamanan, keselamatan dan keamanan. Kenapa demikian, karena kalau untuk sebuah project custome kalau hanya mengubah exteriornya saja tentu mesin di depan paling cocok, karena mulai dari kaki – kaki, system kelistrikan dan lainnya masih bawaan pabrik, jadi untuk stabilitas dan kontruksi chassis itu sendiri tidak ada perubahan. sehingga memudahkan dan mempercepat juga proses pembangunan sebuah unit itu sendiri.

Kekurangan mesin di depan terletak pada bentuk bagian depan body itu sendiri, apalagi untuk model sport car. Karena rata – rata mobil sport sekarang bagian depan bodynya sengaja di desain pendek, selain untuk enak di pandang ternyata ada fungsi yang lainnya juga, seperti air flow sehingga udara bisa menekan ke bawah karena untuk yang asli memiki engine bertenaga besar dan bobot body yang ringan, denga desain yang sudah di perhitungkan mobil akan stabil ketika di pacu di kecepatan yang tinggi.

Pengaruhnya mungkin di suara knalpot itu sendiri, karena memiliki leher yang panjang dan untuk suaranya pun berbeda dengan mesin yang di belakang yang memiliki leher pendek. Tapi untuk kekurangan ini masih bisa di atasi dengan beberapa teknik yang orang bengkel sudah memiliki opsi lainnya, baik di tambahkan aksesoris atau part tambahan lainnya, supaya hasilnya dapat sesuai dengan keinginan.

2. kelebihan dan kekurangan mesin di belakang

Kelebihan untuk mesin pindah ke belakang tujuannya untuk menyerupai dengan yang aslinya, dan untuk knalpot sendiri memiliki leher yang pendek sehingga suara knalpot pun dapat di custome sesuai keinginan. untuk model sport car biasanya meiliki head cylinder yang menjadi ciri khas, akan lebih bagus lagi apabila dibuatkan cetakannya dan menutupi engine basic mobil itu sendiri, dan biasanya untuk mesin di belakang menggunakan mesin matic yang di potong dan di sambung ke chassis belakang.

Resiko untuk mesin di belakang posisi tanki bahan bakar biasanya di letakan di bagian atas knalpot, sehinnga tidak menutup kemungkinan bisa terbakar, karena udara panas yang di hasilkan oleh leher knalpot dan resiko over heat yang di sebabkan pada posisi kap tertutup, otomatis sensor suhu mesin mendeteksi panas yang berlebih di akbitkan sirkulasi yang kurang berjalan lancar, di tambah panas dari aspal jalan raya. sebenarnya konsep ini bisa di sempurnakan tergantung bengkel itu sendiri apakah mencari solusi baru atau tetap dengan kosep yang sama.

Selain itu apabila pada proses penyambungan antara mesin dan chasis tidak di lakukan pengukuran secara matang, akibatnya bisa fatal dan dapat mencelakai pengemudi itu sendiri. seperti proses pengelasan yang kurang tepat dan kontruksi penyangga antara chasis dan mesin tidak sesuai itu bisa sangat beresiko untuk kedepannya. maka harus di tes terlebih dahulu, sehingga mekanik bisa mencegah dan meminimalisir kesalahan sebelum mobil itu memasuki tahap pembentukan body. Dan kalau perlu di lakukan pengetesan spooring dan ballancing supaya kita tahu juga projet tersebut sudah center dan ballance.

Mungkin sekian dulu mengenai pembahasan perbedaan posisi mesin depan dan belakang, semuanya tergantung konsep bengkel itu sendiri apakah ada perkembangan lagi atau memakai dan memaksakan konsep yang lama dan sudah jelas memiliki resiko yang tinggi, karena konsumen atau pemilik tidak mau tahu mengenai kekurangan dan kelebihan project nya tersebut. yang penting nyaman, aman dan tidak jauh dengan standar pabrikasi walaupun untuk industri ini lebih mengedepankan hand made tapi sebuah pencapaian apabila project tersebut sesuai dengan ekspextasi nya. Terima kasih apabila ada pertanyaan kita diskusikan di bawah 🙂

(DNS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here