Layaknya manusia, setiap nama mobil pun pasti punya arti yang bermacam-macam. Berbagaii macam nama diberikan untuk menunjukkan karakter mobil itu sendiri, atau bahkan hanya sekadar kebutuhan marketing saja.

Begitu juga dengan supercar yang eksis sekarang ini. Demi memunculkan segala kelebihan supercar, nama pun bisa dibilang tak sembarangan. Sebut saja misalnya supercar Lamborghini Centenario, Bugatti Chiron, atau Pagani Huayra, hmm.. terdengar eksotis bukan?

Tapi tak cukup rupanya untuk melabeli supercar dengan hanya sebuah nama seperti yang disebut di atas tadi. Selain nama-nama yang mudah disebutkan itu, supercar biasanya memiliki nama dengan embel-embel kombinasi huruf dan angka.

Jangan salah, kombinasi huruf dan angka di belakang nama supercar pun tidak sembarangan. Justru kombinasi angka dan huruf yang selanjutnya disebut kode ini justru menyimpan arti yang lebih mendalam tentang supercar itu sendiri.

Biar lebih jelasnya, yuk simak arti kode pada nama supercar di dunia.

Lamborghini

Seperti banyak diketahui, model-model supercar lansiran Lamborghini seperti Huracan, Aventador, atau Murcielago mengadopsi nama-nama banteng terkenal di Spanyol. Setelah nama itu, ada deretan kombinasi huruf dan angka alias kode, seperti LP700-4 atau LP580-2.

Jadi begini artinya..

LP berarti Longitudinale Posteriore dalam bahasa Italia. Kalau diterjemahkan lagi ke bahasa Inggris artinya vertical engine. Lalu angka 700 atau 580 adalah angka yang merujuk pada tenaga mesin, yakni 700 hp atau 580 hp. Angka tersebut bisa angka pasti atau hanya kisaran.

lamborghini aventador restyle

Sedangkan angka terakhir, 2 atau 4 merujuk pada sistem penggerak, 2-wheel atau 4-wheel drive system.

Menariknya, apakah kostumer Lamborghini tahu dan peduli dengan kode tersebut?

Jawabannya tidak. Kostumer Lambo yang notabene adalah orang-orang tajir melintir, tidak peduli soal kode tersebut. Mereka hanya mementingkan prestise. Maka itu, kini Lamborghini tak menggunakan kode-kode pada model supercar-nya. Seperti untuk Urus, Huracan EVO, atau Aventador SVJ. Embel SVJ di belakang kata Aventador punya arti sendiri. SV atau Superveloce berarti superfast, dan huruf J untuk Jota yang berarti mobil berspek balap atau track and performance superiorty.

Ferrari

Arti kode supercar juga muncul di pesaing Lamborghini, Ferrari. Ferrari juga rupanya memiliki kombinasi angka yang memiilki arti.

Tapi agak berbeda dengan yang dimiliki Lamborghini, deretan angka milik Ferrari bukan merujuk pada tenaga. Melainkan merujuk pada kapasitas mesin.

pabrikan mobil asal italia ferrari

Sebagai contoh, Ferrari 458. Kombinasi angka di belakang nama model mobilnya punya arti kapasitas mesin 4.5L dan mesin V8. Sebelumnya juga hal ini diterapkan untuk Ferrari 360 dan F430, yang berarti menggunakan mesin 3.6L dan 4.3L. Sementara untuk Ferrari 488 GTB, angka 488 dimaksudkan kepada kapasitas setiap silindernya sebesar 488cc.

Sedangkan generasi terakhir Tributo F8, punya arti cukup beda. Supercar ini dibekali mesin paling bertenaga yang pernah dibuat Ferrari, 3.9Ltwin-turbo. Nah, angka 8 terakhir itu artinya mesin ini berkonfigurasi 8 silinder. Tributo sendiri berarti “Terima kasih”.

McLaren

Bahasan soal arti kode pada supercar coba bergeser ke produsen asal Inggris, McLaren. Setelah membahas dua pabrikan supercar asal Italia, McLaren juga dikenal sebagai produsen supercar unggul. Hanya saja McLaren lebih sederhana dalam penamaannya.

Misalnya, supercar dengan nama 540C, 570S, 650S, dan 720S merujuk pada tenaga. Contohnya, 570S yang berarti punya tenaga sebesar 570 PS. Sebagai informasi tambahan, 1 PS atau power unit itu setara dengan 0,98 hp, ya.

Untuk huruf S yang menclok di belakang kombinasi angka pada kode supercar tersebut memiliki arti ‘shaped’. Huruf S pada 570S, berarti Sport Series. Sedangkan S pada 650S dan 720S berarti Super Series.

salah satu produk mclaren

Tak hanya itu, McLaren juga memiliki supercar dengan nama lain seperti 540C, 600LT, atau 675LT.

Huruf C bisa berarti Casual yang merujuk pada konsep supercar yang dipakai setiap hari. Sedangkan karakter LT berarti Long Tail, yang merepresentasikan fisik supercar dengan buritan yang panjang.

sumber : https://intersport.id/events/buat-yang-penasaran-aja-ini-dia-arti-kode-kode-supercar, di edit dan ada beberapa perubahan.

(DNS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here