Arti Dari Singkatan Teknologi Mesin Yang Ada Pada Kendaraan Roda Dua & Empat

0
76
Teknologi vvt-i pada mesin kendaraan mobil xenia

Mungkin kita sering memperhatikan mesin mobil atau motor yang ada di rumah atau di jalan raya.Tapi, pahamkah Anda dengan segala macam istilah, yang kebanyakan berupa akronim, yang disematkan pada kendaraan-kendaraan itu?

Seperti kata pepatah, “Tak kenal maka tak sayang.” Dengan semakin memahami kendaraan tersebut maka Anda bisa melakukan perawatan yang lebih tepat untuknya.

Selain itu, kami percaya pengetahuan ini juga akan sangat bermanfaat saat memilih kendaraan, baik baru maupun bekas.

Istilah Umum Pada Kendaraan Roda Empat & Dua

Pada mobil dan motor, ada istilah pengereman yang dikenal dengan sebutan ABS (Anti-lock Breaking System). Ini merupakan sebuah sistem di mana pada saat rem diinjak atau tuas rem ditarik secara spontan, roda tidak terkunci, sehingga gejala slip bisa dihindari. Nah, ABS ini juga disokong oleh kinerja EBD(Electronic Brakeforce Distribution) agar pengereman kendaraan lebih optimal.

Masuk pada sektor mesin, beberapa istilah yang harus Anda pahami meliputi bagian kinerja mesin dan jenis mesin yang diaplikasikan pada kendaraan. ATS (Air Temperature Sensor) merupakan sensor suhu udara yang biasanya diaplikasikan pada mesin berjenis DOHC (Double Over Head Camshaft) atau twincam.

Kemudian ada CVT (Continuously Variable Transmission), alat penggerak pada mobil atau motor yang menggunakan transmisi otomatis.

ECU (Electronic Control Unit) adalah istilah generik untuk sistem yang mengontrol kinerja satu atau beberapa sistem elektronik pada kendaraan. Suku cadang yang satu ini kerap disebut sebagai otaknya kendaraan.

Pada kendaraan bersistem bahan bakar injeksi, ECU mengatur pembuangan serta pembakaran di ruang mesin secara elektronik yang digerakan beberapa sensor. ECU mulai diterapkan pada kendaraan-kendaraan generasi modern, baik pada mobil dan motor. Kinerja ECU juga disempurnakan dengan kehadiran perangkat bernama EFI (Elektronik Fuel Injection) yang merupakan sensor khusus untuk mengatur efisiensi penggunaan bahan bakar.

Masih dari sektor mesin, ada sebuah sistem yang dikenal dengan nama ECS (Evaporative Control System) yang berfungsi untuk mencegah uap bahan bakar/bensin secara berlebihan. Lalu ISC (Idle Speed Control) yang merupakan fitur untuk mengatur putaran gas sesuai dengan perintah ECU.

Istilah Oktan pun cukup populer terdengar, yang merupakan ukuran kadar kemurnian bahan bakar. Semakin tinggi Oktan, maka mesin akan semakin bagus dan bersih. Di Indonesia dikenal empat jenis Oktan untuk kendaraan bermotor. Jenis paling rendah dikenal dengan bensin premium (oktan 88), dan setingkat di atasnya ada Pertalite (oktan 90), sedangkan untuk kendaraan modern dianjurkan menggunakan bahan bakar bakar ber-oktan 92 atau 95.

Istilah perbengkelan pun sepertinya patut anda pahami ketika melakukan servis kendaraan. Ada beberapa yang populer seperti overhaul artinya turun mesin, overbosh adalah penggantian liner silinder, serta oversize, pembesaran liner/diameter pada silinder.

Istilah Pada Mesin Kendaraan

Ada beberapa istilah lain yang khusus untuk mobil. Brake Assist, misalnya, sebuah kinerja sistem pengereman yang mengkombinasikan ABS dan EBD yang terhubung atas perintah ECU dalam hal penghentian kendaraan.

Twincam dan MPI yang sering tersemat di body mobil merupakan istilah jenis atau teknologi mesin yang diterapkan pada kendaraan tersebut. Twincam berarti pengaplikasian 2 camshaft dalam 1 kepala silinder. Sedangkan MPI yang merupakan singkatan dari Multi Point Injection, yang merupakan sistem pengaturan bahan bakar ke mesin yang di kontrol secara elektronik yang memastikan campuran udara dan bahan bakar sesuai untuk mesin.

Anda juga harus memahami istilah Variable Valve Timing (VVT) pada mobil, yang berarti pengaturan lama waktu pembukaan, dan tinggi bukaan valve yang disesuaikan dengan waktu putaran mesin (RPM). Sedangkan VVT-i merupakan pengembangan dari VVT, yakni pengontrol efisiensi kendaraan dengan elemen i (injector).

Sedangkan i-VTEC merupakan pengatur efisiensi pembukaan katup masuknya udara ke bahan bakar sesuai dengan kecepatan mesin. Teknologi ini merupakan penyempurnaan dari VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control).

Dengan mengatur bukaan katup untuk mencocokkan kecepatan mesin, i-VTEC menyesuaikan karakteristik untuk menambah kekuatan namun dengan konsumsi bahan bakar rendah.

Masuk ke sektor pengendalian, power steering menjadi salah satu fitur untuk membantu Anda mengendalikan mobil secara optimal. Sedangkan beberapa kendaraan kelas premium telah disematkan fitur yang bernama cruise control. Fitur ini membantu Anda yang lelah menyetir untuk jangka waktu yang lama, fitur yang mirip dengan autopilot dalam dunia penerbangan ini mampu menstabilkan kecepatan kendaraan tanpa menginjak pedal gas. Anda dapat melihat simulasinya di Wikihow.

Istilah Pada Motor

Pada beberapa motor terbaru, anda mungkin pernah melihat istilah yang tersemat di body motor, seperti PGM-FI atau YM-JET FI.

PGM-FI merupakan kependekan dari Programmed Fuel Injection, yang merupakan motor berteknologi injeksi yang diproduksi oleh jenama Honda.

Sedangkan YM-JET FI merupakan kependekan dari Yamaha Mixture JET-Fuel Injection, yang berarti motor dengan teknologi mesin injeksi yang diproduksi Yamaha. Kini Yamaha memadukan teknologi motornya dengan filosofi yang mereka beri nama Blue Core.

Senada dengan mobil, motor juga menyematkan fitur unggulan mereka untuk memudahkan pengendara mengendalikan motor lebih aman, nyaman, dan percaya diri. Dikutip dari Matickita, inilah beberapa fitur unggulan pada motor:

CBS

Merupakan kependekan dari Combi Brake System yang merupakan perangkat sistem pengereman yang mengakomodasi penghentian dua roda sekaligus dengan hanya menarik satu tuas rem. Biasanya fitur ini disematkan pada motor dengan transmisi otomatis. Kinerjanya mirip dengan ABS, namun ini lebih sederhana.

ACG

Alternating Current Generator adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik AC, sedangkan starter adalah alat yang digunakan memulai kinerja mesin. Berarti ACG starter adalah teknologi yang membuat motor tidak lagi menggunakan dinamo konvensional, karena dinamo starter sudah menjadi satu dengan alternator. Nah penggabungan dua alat ini agar dapat terwujud dibantu dengan ECU.

ESP

Beberapa motor teknologi terbaru dari Honda telah menggunakan fitur Enhanced Smart Power. Fitur yang merupakan pengembangan teknologi mesin dan CVT untuk memberikan efisinsi kinierja. Demikian menurut situs Welovehonda.

ISS

Ini merupakan sistem yang mendukung efisiensi penggunaan bahan bakar. Idling Stop System merupakan teknologi yang sanggup mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat motor dalam kondisi diam. Fitur ini akan mematikan mesin secara otomatis jika motor dalam keadaan berhenti selama 3 detik/lebih, dan akan menyalakan mesin kembali ketika gas diputar.

Helm-in

Untuk kapasitas bagasi motor juga beragam, mulai dari 12 hingga 18 liter. Nah, fitur ini menandakan kalau Anda dapat menyimpan Helm dalam bagasi motor.

Seperti halnya mobil, mesin motor juga mengadopsi sistem Over Head Camshaft (OHC), yang merupakan konstruksi mesin yang menempatkan camshaft pada kepala silinder. OHC terdiri atas 2 jenis, yakni Double Over Head Camshaft (DOHC) dan Single Over Head Camshaft (SOHC).

Pada sektor mesin, kini semua motor modern telah menggunakan CDI (Capacitor Discharge Ignition), yakni pengapian pada motor yang menggunakan alat elektronik.

Artikel ini di kutip dari beritagar.id, terima kasih sudah berkunjung(DNS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here