Alat Kerja Bantu Yang Sering Di Gunakan Dalam Pembuatan Mobil Custome Di Negara Maju

0
104

Jakarta, bibirnet.com Masalah alat kerja memang menjadi alat ukur terhadap hasil dari sebuah karya, walaupun dengan alat sederhana pun sebenarnya bisa, tetapi dengan memakan waktu dan tergantung keterampilan orang tersebut. karena dengan alat yang sudah mendukung sekalipun justru orang masih bingung menciptakan sebuah karyanya sendiri, oleh karena itu sebenarnya alat yang canggih hanya membantu untuk mempersingkat agar waktu lebih efisien dan produk tersebut sudah bisa di pasarkan.

Di artikel ini saya mau bahas beberapa alat yang dapat mempermudah dan mempersingkat pekerjaan kita khususnya di bidang custome otomotif :

1. English wheel

Dikenal sebagai mesin roda, adalah alat pengerjaan logam yang memungkinkan seorang pengrajin membentuk kurva majemuk (kelengkungan ganda) dari lembaran logam datar seperti aluminium atau baja.

Proses menggunakan english wheel disebut wheeling. Panel yang diproduksi dengan cara ini terbilang mahal, karena metode produksi yang sangat terampil dan padat karya, tetapi memiliki keunggulan utama yaitu dapat secara fleksibel menghasilkan panel yang berbeda dengan menggunakan mesin yang sama. Ini adalah mesin pembentuk yang bekerja dengan peregangan permukaan dan terkait dengan proses pemukulan panel. Ini digunakan dimanapun volume rendah dari panel lengkung majemuk diperlukan biasanya di bengkel, restorasi mobil, mobil balap sasis space frame yang memenuhi peraturan yang memerlukan panel sheetmetal menyerupai kendaraan produksi massal (NASCAR) atau prototipe mobil, dan komponen kulit pesawat. Produksi roda Inggris mencapai puncaknya dalam produksi mobil sport volume rendah, terutama bila paduan aluminium yang lebih mudah dibentuk digunakan.

2. Mesin Bubut

Adalah suatu mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan. Dengan mengatur perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir.

Roda gigi penukar disediakan secara khusus untuk memenuhi keperluan pembuatan ulir. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bervariasi besarnya mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah gigi maksimum 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 mempunyai kekhususan karena digunakan untuk konversi dari ulir metrik ke ulir inci.

3. 3D Printer

Adalah proses di mana materi digabung di bawah kontrol komputer untuk membuat objek tiga dimensi, dengan material yang ditambahkan bersama-sama (seperti molekul cair atau butiran bubuk yang digabungkan bersama). Percetakan 3D digunakan dalam pembuatan purwarupa. Objek dapat berupa bentuk atau geometri dan biasanya dihasilkan menggunakan data model digital dari model 3D yang berasal File Manufaktur Aditif (AMF). Ada beberapa teknik yang digunakan, seperti stereolitografi (STL) atau fused deposit modeling (FDM). Percetakan 3D membangun suatu objek tiga dimensi dari model CAD atau file AMF yang dibantu komputer, biasanya dengan menambahkan lapisan bahan lapis demi lapis secara berturut-turut.

Awalnya material yang bisa dibentuk baru sebatas plastik. Kini, peneliti telah dapat membuat material baja nirkarat dengan pencetak 3D. Baja nirkarat dibuat dengan cara mencampurkan material besi, karbon, dan nikel secara simultan dalam pencetak 3D.

Apabila ada kekurangan, atau tambahan bisa di isi di kolom komentar, terima kasih.

sumber : wikipedia (DNS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here